Tentang e-learning
E-learning merupakan
bentuk pembelajaran/pelatihan jarak jauh yang memanfaatkan teknologi telekomunikasi dan
informasi sebagai medianya, spereti internet, video/audiobroadcasting, video/audioconferencing,
CD-ROOM (secara langsung dan tidak langsung). Kegiatan e-learning termasuk
dalam model pembelajaran individual. Menurut Loftus (2001) dalam Siahaan (2004)
kegiatan e-learning lebih bersifat demokratis dibandingkan dengan kegiatan
belajar pada pendidikan konvensional, karena peserta didik memiliki kebebasan
dan tidak merasa khawatir atau ragu-ragu maupun takut, baik untuk mengajukan
pertanyaan maupun menyampaikan pendapat/tanggapan karena tidak ada peserta
belajar lainnya yang secara fisik langsung mengamati dan kemungkinan akan
memberikan komentar, meremehkan, atau mencemoohkan pertanyaan maupun
pernyataannya.
Profil peserta e-learning adalah seseorang yang :
(1)
mempunyai motivasi belajar mandiri yang tinggi dan
memiliki komitmen untuk belajar secara bersungguh-sungguh karena tanggung jawab
belajar sepenuhnya berada pada diri peserta belajar itu sendiri.
(2)
senang belajar dan melakukan kajian-kajian, gemar membaca
demi pengembangan diri terus menerus, dan yang menyenangi kebebasan
(3)
mengalami kegagalan dalam mata pelajaran tertentu di
sekolah konvensional dan membutuhkan penggantinya, atau yang membutuhkan materi
pelajaran tertentu yang tidak disajikan oleh sekolah konvensional setempat
maupun yang ingin mempercepat kelulusan sehingga mengambil beberapa mata
pelajaran lainnya melalui e-learning, serta yang terpaksa tidak dapat
meninggalkan rumah karena berbagai pertimbangan
Pembuatan e-learning menggunakan
software I-Spring
Pada posting sebelumnya penulis menjelaskan tentang
fungsi dari I-Spring presenter sebagai media pembelajaran. Penulis juga
menjelaskan bahwa I-Spring presenter merupakan software yang terintegrasi
dengan Microsoft PowerPoint. Pada kesempatan ini penulis akan coba membahas
bagaimana membuat media pembelajaran berbasis e-learning menggunakan Software
I-Spring tersebut. Berikut langkah-langkahnya :
1. Sebagai
contoh, buatlah materi pelajaran melalui Microsoft PowerPoint sebanyak 5 slide.
Misalnya slide 1 berisi tentang biodata peulis, slide 2 berisi tentang sekilas
materi dengan menyisipkan sebuah video, dan slide 3 sampai 5 berisi tentang
pembahasan materi.
Isi materi bebas, berdasarkan
yang dikehendaki.
2. Setelah
selesai pembuatan materi, pastikan komputer/laptop anda terkoneksi ke internet,
karena pada kesempatan ini e-learning yang dibuat berbasis internet.
3. Kembali
ke PowerPoint, klik menu I-Spring Presenter, kemudian klik tombol Publish untuk
memulai menjadikan materi tersebut menjadi media e-learning.
4. Pada
kotak dialog berikut; 1) Isikan judul e-learning pada Presentation title, 2)
Isikan deskripsi tentang materi, 3) klik All Slide untuk mempublikasikan semua
slide, 4) pilih template player (misalnya : Lite), dan 5) klik tombol change
untuk memebuat account pada ispring online.
5. Setelah
klik tombol Change maka akan muncul kotak dialog iSpring Online Account Details, dalam dialog tersebut anda diminta untuk
mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan Account. Klik Sign Up a trial account untuk mendaftar secara gratis berbatas.
6. Setelah
di klik Sign Up, maka anda akan di
bawa ke browser dan website penyedian jasa pembuatan e-learning dengan alamat http://www.ispringsolutions.com/. Sesudah muncul halaman awal dari web tersebut, klik tombol Sign Up For Free untuk
mendaftar terlebih dahulu.
7. Isikan
nama, alamat e-mail, no telepon, dan alamat web yang dikehendaki, pada halaman
registrasi. Kemudian klik tombol Start Free Trial.
8. Jika
proses registrasi berhasil, maka akan muncuk dialog terima kasih, dan data
acoount seperti gambar berikut :
Simpan atau copy data tersebut
pada software notepad atau Ms. Word agar sewaktu-waktu dibutuhkan dapat dibuka
kembali.
Untuk melanjutkan klik tombol
Getting Started.
9. Pada
langkah selanjutnya, masukkan data email serta password yang sudah diberikan
sebelumnya. Password yang dimasukkan adalah password Administrator User. Lalu
klik tombol login.
10.Setelah
login berhasil, kembali ke Ms. PowerPoint. Pada kotak dialog iSpring Online Account Details yang
sebelumnya belum terisi, masukkan data yang diharuskan sesuai dengan hasil
registrasi. Yaitu Account Url yang sudah dibuat, alamat e-mail yang digunakan,
dan password yang diberikan. Kemudian klik tombol OK.
11. Langkah terakhir adalah klik tombol publish
untuk mulai mempublikasikannya melalui internet.
Tunggu sampai proses publish
selesai, diharapkan tidak mengoperasikan alat atau perangkat lunak apapun untuk
kelancaran proses publish.
12.Setelah
muncul dialog berikut, klik tombol Manage uploaded persentation. Sehingga akan
menampilkan hasil publish yang sudah dilakukan melalui browser.
13. Klik Preview, lalu Lounch Course untuk melihat hasilnya. Jika berhasil akan tampak
tampilan materi yang sudah dibuat sebelumnya dengan powerpoint seperti berikut
:
Demikian, semoga bermanfaat. (ruslle)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar