Sabtu, 09 April 2016

Pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran

Tentang e-learning

E-learning merupakan bentuk pembelajaran/pelatihan jarak jauh yang memanfaatkan teknologi telekomunikasi dan informasi sebagai medianya, spereti  internet, video/audiobroadcasting, video/audioconferencing, CD-ROOM (secara langsung dan tidak langsung). Kegiatan e-learning termasuk dalam model pembelajaran individual. Menurut Loftus (2001) dalam Siahaan (2004) kegiatan e-learning lebih bersifat demokratis dibandingkan dengan kegiatan belajar pada pendidikan konvensional, karena peserta didik memiliki kebebasan dan tidak merasa khawatir atau ragu-ragu maupun takut, baik untuk mengajukan pertanyaan maupun menyampaikan pendapat/tanggapan karena tidak ada peserta belajar lainnya yang secara fisik langsung mengamati dan kemungkinan akan memberikan komentar, meremehkan, atau mencemoohkan pertanyaan maupun pernyataannya.

Profil peserta e-learning adalah seseorang yang :
(1)    mempunyai motivasi belajar mandiri yang tinggi dan memiliki komitmen untuk belajar secara bersungguh-sungguh karena tanggung jawab belajar sepenuhnya berada pada diri peserta belajar itu sendiri.
(2)    senang belajar dan melakukan kajian-kajian, gemar membaca demi pengembangan diri terus menerus, dan yang menyenangi kebebasan
(3)    mengalami kegagalan dalam mata pelajaran tertentu di sekolah konvensional dan membutuhkan penggantinya, atau yang membutuhkan materi pelajaran tertentu yang tidak disajikan oleh sekolah konvensional setempat maupun yang ingin mempercepat kelulusan sehingga mengambil beberapa mata pelajaran lainnya melalui e-learning, serta yang terpaksa tidak dapat meninggalkan rumah karena berbagai pertimbangan

Pembuatan e-learning menggunakan software I-Spring
Pada posting sebelumnya penulis menjelaskan tentang fungsi dari I-Spring presenter sebagai media pembelajaran. Penulis juga menjelaskan bahwa I-Spring presenter merupakan software yang terintegrasi dengan Microsoft PowerPoint. Pada kesempatan ini penulis akan coba membahas bagaimana membuat media pembelajaran berbasis e-learning menggunakan Software I-Spring tersebut. Berikut langkah-langkahnya :
1.  Sebagai contoh, buatlah materi pelajaran melalui Microsoft PowerPoint sebanyak 5 slide. Misalnya slide 1 berisi tentang biodata peulis, slide 2 berisi tentang sekilas materi dengan menyisipkan sebuah video, dan slide 3 sampai 5 berisi tentang pembahasan materi.

Isi materi bebas, berdasarkan yang dikehendaki.

2.  Setelah selesai pembuatan materi, pastikan komputer/laptop anda terkoneksi ke internet, karena pada kesempatan ini e-learning yang dibuat berbasis internet.

3. Kembali ke PowerPoint, klik menu I-Spring Presenter, kemudian klik tombol Publish untuk memulai menjadikan materi tersebut menjadi media e-learning.


4.  Pada kotak dialog berikut; 1) Isikan judul e-learning pada Presentation title, 2) Isikan deskripsi tentang materi, 3) klik All Slide untuk mempublikasikan semua slide, 4) pilih template player (misalnya : Lite), dan 5) klik tombol change untuk memebuat account pada ispring online.



5.  Setelah klik tombol Change maka akan muncul kotak dialog iSpring Online Account Details, dalam dialog tersebut anda diminta untuk mendaftar terlebih dahulu untuk mendapatkan Account. Klik Sign Up a trial account untuk mendaftar secara gratis berbatas.



6. Setelah di klik Sign Up, maka anda akan di bawa ke browser dan website penyedian jasa pembuatan e-learning dengan alamat http://www.ispringsolutions.com/. Sesudah muncul halaman awal dari web tersebut, klik tombol Sign Up For Free untuk mendaftar terlebih dahulu.



7.  Isikan nama, alamat e-mail, no telepon, dan alamat web yang dikehendaki, pada halaman registrasi. Kemudian klik tombol Start Free Trial.


8.  Jika proses registrasi berhasil, maka akan muncuk dialog terima kasih, dan data acoount seperti gambar berikut :

Simpan atau copy data tersebut pada software notepad atau Ms. Word agar sewaktu-waktu dibutuhkan dapat dibuka kembali.

Untuk melanjutkan klik tombol Getting Started.

9.    Pada langkah selanjutnya, masukkan data email serta password yang sudah diberikan sebelumnya. Password yang dimasukkan adalah password Administrator User. Lalu klik tombol login.


10.Setelah login berhasil, kembali ke Ms. PowerPoint. Pada kotak dialog iSpring Online Account Details yang sebelumnya belum terisi, masukkan data yang diharuskan sesuai dengan hasil registrasi. Yaitu Account Url yang sudah dibuat, alamat e-mail yang digunakan, dan password yang diberikan. Kemudian klik tombol OK.



11.  Langkah terakhir adalah klik tombol publish untuk mulai mempublikasikannya melalui internet.



Tunggu sampai proses publish selesai, diharapkan tidak mengoperasikan alat atau perangkat lunak apapun untuk kelancaran proses publish.


12.Setelah muncul dialog berikut, klik tombol Manage uploaded persentation. Sehingga akan menampilkan hasil publish yang sudah dilakukan melalui browser.



13. Klik Preview, lalu Lounch Course untuk melihat hasilnya. Jika berhasil akan tampak tampilan materi yang sudah dibuat sebelumnya dengan powerpoint seperti berikut :



Demikian, semoga bermanfaat. (ruslle)
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar